SENYUM RAMADHAN 2017 (Bagian 1)

DILAKSANAKAN DI DUKUH KARANGPLOSO, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Kamis, (1/6/2017) Ikatan Keluarga Alumni Stikes Madani Yogyakarta (IKASMY) telah melaksanakan kegiatan perdana Senyum Ramadhan (SR) 2017 di Dusun Karangploso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan yang termasuk di dalamnya adalah Bagi-Bagi Buku Ramadhan, Buka Bersama, Kajian Islam Ilmiah / Pendidikan kesehatan, Pelayanan Kesehatan Gratis dan Santuan Anak Yatim, Piatu, Dhuafa berupa sembako kebutuhan pokok.

Adapun buku yang dibagikan diantaranya Buku Panduan Ramadhan dan Buku Doa’doa selama ramadhan; Pelayanan kesehatan meliputi konsultasi kesehatan, pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, asam urat dan kolesterol serta pengobatan gratis; Serta sembako berisi kebutuhan pokok yang dibantu dari para Santri Salafiyatil Wustho Kelas 1 baik putra maupun putri dari Pondok Islamic Center Bin Baz.

Kegiatan ini merupakan bentuk dari rangkaian kegiatan mingguan yang bergilir setiap dukuh selama ramadhan, diantaranya Dukuh Kangaploso, Dukuh Karanggayam, Dukuh Nglengis dan Dukuh Ngelosari, Bantul Yogyakarta. Pada kegiatan kemarin, telah dihadiri lebih dari 100 orang yang diundang berdasarkan kupon maupun yang tidak dari pedukuhan yang melingkupi Anak Yatim Piatu dan Dhuafa untuk sekedar datang dan memeriksakan kesehatannya.

Kegiatan Senyum Ramadhan ini diselenggarakan atas bekerjasama dengan Forum Sillaturahmi Alumni Ma’had Islamic Center Bin Baz (FORSAMI) Yogyakarta dan Tim Medis dari IKASMY PEDULI. Kegiatan ini juga didukung oleh Yayasan Atturots Al Islamy, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari, Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz, Stikes Madani Yogyakarta, Rumah Sehat Insani, Insan TV dan segenap Pemerintah Desa / Pedukuhan setempat.

“Saya sangat senang, ada kegiatan anak muda terlebih kesehatan yang bisa memberikan kepedulian bagi masyarakat di dukuh ini. Selama ini banyak masyarakat yang butuh dan mendatangi tempat pelayanan kesehatan, namun ini sebaliknya, bahwa kita yang diberi kita yang dicari”, tutur Pak Agus selaku Ketua RT 04 Karangploso. “Seharusnya kegiatan seperti ini bisa dimanfaatkan oleh pemuda yang akhirnya bisa bekerjasama dalam kegiatan sosial di masyarakat, minimal dari segi pendidikan kesehatan”, kata Mas Beni (Ketua Pemuda Karangploso) saat memantau di lapangan saat pelaksanaan kegiatan (Kamis, 1/6/2017).

“Saya senang hari bisa berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala di awal. Dari sekian banyak masyarakat yang datang mereka tampak antusias terutama dalam hal cek kesehatan gratis, karena memang selama ini masih termasuk jarang untuk  kegiatan semacam ini di dukuh karangploso”, Ragil Kurniawan (Ketua Komite Kegiatan SR 2017) saat breafing seusai kegiatan. “Kita ingin kegiatan ini bisa membuka jalan supaya di tahun-tahun kedepannya nanti agar bisa berkelanjutan dan terpenting kita bisa bermanfaat dahulu mulai dari orang-orang terdekat kita”, kata Satya Putra Lencana (Penanggungjawab SR 2017) kepada Tim Redaksi Alumni (Kamis, 1/6/2017).

(Mas Afrizal, Alumni yang menjadi Panitia)

 

 

June, 2nd 2017 /Ramadhan, 6th 1438 H

NB : Nantikan senyum Ramadhan edisi berikutnya.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *